Mengenal Sejarah Robot

     Biar kagak ngebosenin di blog ini maka saya akan share tentang sejarah robot, ya itung-itung nambah postingan ajah... hehe...  info ini harus kalian tahu juga ya kawan, biar nambah wawasan pengetahuannya. semoga postingan ini bermanfaat buat kawan semua.
     
     Peristiwa bersejarah masa lalu serta perkembangan terakhir yang telah membantu membentuk dunia robot dan teknologi pada umumnya. Perkembangan Robotika dari yang sederhana tetapi visioner awal sampai ke robot yang kompleks saat ini. Robot ini mengikat bersama berbagai bidang yang saling terkait seperti komputer, filsafat dan engineering ke prestasi semakin mengesankan pencapaian manusia.


320 SM
Filsuf Yunani Aristoteles membuat ini kutipan terkenal:

"Jika setiap alat, ketika diperintahkan, atau bahkan dengan sendirinya, bisa melakukan pekerjaan yang layaknya itu ... maka tidak akan ada kebutuhan salah satu dari magang bagi para pekerja nakhoda atau budak bagi tuan. "


1495
Sekitar 1495 Leonardo da Vinci membuat sketsa rencana untuk robot humanoid.


1700 - 1900
Antara 1700 dan 1900 sejumlah robot seukuran diciptakan termasuk bebek mekanik terkenal yang dibuat oleh Jacques de Vaucanson yang bisa menjulurkan lehernya, mengepakkan sayapnya dan bahkan menelan makanan.

 

 1913
Henry Ford menginstal pertama bergerak conveyor belt jalur perakitan berbasis di dunia di pabrik mobilnya. Model T dapat dirakit dalam 93 menit.


1920
Koin Capek Karel kata 'robot' untuk menggambarkan mesin yang menyerupai manusia dalam bermain yang disebut Rossums Universal Robots. Drama itu tentang masyarakat yang menjadi diperbudak oleh robot yang pernah melayani mereka.
Ide ini sekarang menjadi tema umum dalam budaya populer, yaitu Frankenstein, Terminator, Matrix dll.


1932
Pertama benar robot mainan diproduksi di Jepang. The 'Lilliput' adalah angin-up mainan yang berjalan. Itu terbuat dari tinplate dan berdiri hanya 15cm tinggi.
 




1937
Alan Turing melepaskan makalahnya "On Computable Numbers" yang dimulai revolusi komputer.


1941
Legendaris penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov menulis cerita pendek 'Liar!' Di mana ia menggambarkan Tiga Hukum Robot. Cerita yang dikompilasi ulang ke volume "I, Robot" pada tahun 1950 - kemudian direproduksi sebagai film yang dibintangi Will Smith.
Asimov Tiga Hukum Robot:

  1.  Robot mungkin tidak melukai manusia atau, melalui kelambanan, memungkinkan manusia untuk datang untuk menyakiti.
  2.  Robot harus mematuhi setiap perintah yang diberikan kepadanya oleh manusia, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan Hukum Pertama.
  3.  Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan Hukum Pertama atau Kedua.
1950
Alan Turing mengusulkan tes untuk menentukan apakah sebuah mesin yang benar-benar memiliki kekuatan untuk berpikir untuk dirinya sendiri. Untuk lulus tes mesin harus dibedakan dari manusia selama percakapan. Hal ini telah menjadi dikenal sebagai 'Turing Test'.

1954 
George Devol dan Joe Engleberger desain diprogram robot pertama 'lengan'. Ini kemudian menjadi robot industri pertama, menyelesaikan tugas-tugas berbahaya dan berulang-ulang pada jalur perakitan di General Motors (1962).


1957 

Uni Soviet meluncurkan 'Sputnik', buatan pertama satelit yang mengorbit. Ini menandai awal dari ruang perlombaan.

1964
 
IBM 360 menjadi komputer pertama yang diproduksi secara massal.


1968

Stanley Kubrick membuat Arthur C. Clark, 2001: A Space Odyssey menjadi sebuah film. Ini fitur HAL, komputer onboard yang mengembangkan pikiran sendiri.

1969

AS berhasil menggunakan terbaru dalam teknologi komputasi, robot dan ruang untuk tanah Neil Armstrong di bulan.


1977 
Pertama film Star Wars dirilis. Film George Lucas menginspirasi generasi baru peneliti melalui citranya tentang masa depan manusia bersama dengan robot seperti sekarang terkenal R2-D2 dan C-3PO.

1986 
Pertama LEGO produk pendidikan berbasis diletakkan di pasar dan Honda meluncurkan sebuah proyek untuk membangun sebuah robot humanoid berjalan.


1994 

Carnegie Universitas robot berjalan berkaki delapan, Dante II, berhasil turun ke Mt Spur untuk mengumpulkan sampel gas vulkanik.

1997 

Pada tanggal 11 Mei, sebuah komputer yang dibangun oleh IBM dikenal sebagai Deep Blue mengalahkan juara dunia catur Garry Kasparov.


Turnamen Robocup pertama diadakan di Jepang. Tujuan dari Robocup adalah untuk memiliki tim sepenuhnya otomatis robot mengalahkan tim sepakbola terbaik dunia pada tahun 2050.

1998 

LEGO meluncurkan pertama Robotika Penemuan Sistem nya. 

1999 
Sony merilis versi pertama dari AIBO, robot anjing dengan kemampuan untuk belajar, menghibur dan berkomunikasi dengan pemiliknya. Versi yang lebih canggih telah mengikuti.


2000 

Honda ASIMO debut, generasi berikutnya dalam seri robot humanoid. 

2004 
Rilis Epsom dikenal robot terkecil, berdiri 7cm tinggi dan berat hanya 10 gram. Helikopter robot dimaksudkan untuk digunakan sebagai 'kamera terbang' selama bencana alam.


2005 
Para peneliti di Cornell University membangun pertama replikasi diri robot. Setiap 'robot' terdiri dari sebuah menara kecil kubus komputerisasi yang menghubungkan bersama melalui penggunaan magnet. 

2008 
Setelah pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002, yang populer Roomba vacuum cleaner robot telah terjual lebih dari 2,5 juta unit, membuktikan bahwa ada permintaan yang kuat untuk jenis teknologi robot dalam negeri.


Gimana?  Sekarang udah tahukan sejarah robot. Thanks udah mau baca artikel ini,  jangan lupa di like dan share. :)
Previous
Next Post »