Tips Memilih/membeli MicroSD Card Terbaik menurut Blog iqbal fp

Sebelum kawan mengetahui beberapa merk microSD Card terbaik, sebaiknya kawan mengetahui terlebih dahulu tips memilih microsd yang bagus untuk smartphone 📱 kawan.

Memang Microsd card itu kelihatan sama bentuknya tapi sebenarnya class nya berbeda-beda.
Kalau kawan belum paham tentang microSD, paling-paling asal beli saja lalu tidak melihat class nya terlebih dahulu. Class disini bukan berarti microSD yang ditentukan untuk ponsel high-end tapi class dalam microSD adalah standart yang digunakan untuk menentukan range kecepatan creat and write (membaca dan menulis) data pada microSD.

Jadi, semakin tinggi nilai class semakin cepat pula smartphone dalam mengakses data di microSD Card tersebut.

Microsd memiliki 4 jenis class berbeda yaitu class 2, 4, 6 dan 10. Tapi sekarang ada lagi yang lebih cepat dari sebatas class yaitu UHS (Ultra High Speed), kecepatan membaca dan menulis data bisa mencapai 30MB/s. Itu sudah sangat cepat sekali dibanding class 10 yang hanya memiliki kecepatan hingga 10MB/s.

Untuk membedakan antara class dan UHS, kawan bisa lihat permukaan microsd nya. Kalau ada huruf C dengan angka 2, 4, 6 atau 10 di tengahnya berarti itu tipe class. Nah, kalau permukaannya terlihat huruf U dengan angka 1 atau 3 berarti itu UHS.
Kawan tinggal pilih mau beli yang mana. Usahakan 😳 minimal beli yang class 10 agar transfer data bisa semakin cepat.

Selain class, perhatikan juga antara SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity). Perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah dari segi kapasitasnya. SDHC itu jenis microSD dengan kapasitas 2GB hingga 32GB. Sedangkan untuk SDXC memiliki kapasitas 32GB hingga 2TB.

Sekarang kembali lagi, seberapa besar slot microsd yang bisa di support oleh smartphone kawan. Kalau ponsel Low-end biasanya cuma bisa support sampai 16GB saja. Berarti yang kawan perlukan adalah micro SDHC. Jangan sampai beli yang SDXC, karna nggak akan bisa terpakai di smartphone kawan. Kan sayang, sudah beli tapi smartphone tidak support.

Itu beberapa tips yang harus diperhatikan ketika kawan akan membeli microsSD. Intinya, sesuaikan kebutuhan saja.

Merk MicroSD Card Terbaik dan Tercepat
Saya rasa kawan sudah tahu tips memilih microSD Card yang bagus itu seperti apa.
Sekarang kawan harus tahu merk microsd terbaik yang dijual di pasaran agar kawan lebih mudah memilih microsd yang akan dipakai.

Lihat daftarnya dibawah ini:

1. SanDisk
Ini dia merk microSD Card yang paling populer dipasaran. Sudah banyak sekali orang yang memakai microsd dari SanDisk ini. Yah, mungkin karena microSD merk SanDisk ini bagus dan speednya bisa mencapai 80MB/s. Selain itu variasi kapasitas penyimpanannya juga cukup banyak. Mulai dari 8GB hingga 200GB.

Wah keren yaa 😁, ada yang bisa menyimpan data sampai 200GB hanya dengan microsd sekecil itu.
Keunggulan lain dari microsd sandisk adalah bisa tahan terhadap suhu dan cuaca ekstrim, tahan X-ray, serta tahan juga terhadap magnet.

Microsd dari SanDisk ini cocok digunakan untuk android, tablet, dan juga kamera. Untuk masalah harga bervariatif tergantung besar kapasitas.

Lihat daftar harga Microsd SanDisk dibawah ini :
  • SanDisk Ultra 8 GB Class 10 : Rp. 61.000,-
  • SanDisk Ultra 16 GB Class 10 : Rp. 67.000,-
  • SanDisk Ultra 16 GB UHS-1 : Rp. 129.000,-
  • SanDisk Extreme 64 GB UHS-3 : Rp.370.000,-
  • SanDisk Ultra 128 GB UHS-1 : Rp.685.000,-

2. Samsung EVO Plus


Jika kawan mempunyai smartphone dengan merk samsung, berarti inilah microsd yang cocok untuk smartphone kawan. Meskipun microSD dari samsung ini jarang terdengar tapi kualitasnya tidak kalah dengan microsd merk lain.

Samsung EVO Plus sangat cocok digunakan untuk merekam video full HD dengan kecepatan baca dan tulis mencapai 80MB/s. Dengan speed seperti itu, loading aplikasi dan mentransfer file akan terasa lebih cepat.

Kalau masalah ketahanan hampir sama dengan microSD merk SanDisk tadi. Samsung EVO Plus bisa bertahan hingga 24 jam dalam air laut, dan juga bisa bertahan dalam suhu -25° hingga 85° celsius.
Merk microsd lain mungkin sudah rusak kalau harus menahan suhu sedingin dan sepanas itu.

Kalau kawan tertarik ingin membeli microsd samsung EVO Plus, lihat dulu daftar harganya dibawah ini:
  • Samsung EVO Plus 32GB : Rp.400.000,-
  • Samsung EVO Plus 64GB : Rp.540.000,-
  • Samsung EVO Plus 128GB : Rp.1.200.000,-
Sayangnya samsung tidak memberikan pilihan microsd dengan kapasitas 8GB, jadi ponsel low-end sepertinya tidak bisa menggunakan microsd dari samsung ini.

3. Transcend Premium 400x
Transcend juga salah satu merk microSD Card terbaik dipasaran. Tapi untuk varian yang ditawarkan tidak sebanyak microSD dari SanDisk.

Untuk masalah kecepatan transfer data memang kurang kalau dibandingkan dengan yang lainnya. Transcend premium cuma memiliki kecepatan transfer data hingga 60MB/s. Padahal merk yang lain bisa lebih dari itu.

Nah, ini yang paling saya suka. Kalau melihat dari sisi harganya memang microSD dari transcend ini tergolong sangat murah.
Untuk kapasitas penyimpanan 16GB harganya cuma 65 ribu rupiah saja. Sedangkan yang 32GB harganya 110 ribu rupiah.

4. Lexar
Yang sudah beli microSD Lexar perlu bangga nih karena Lexar memiliki kecepatan transfer yang paling tinggi dibanding kompetitornya yaitu 95MB/s disemua varian yang dimiliki. Ini berarti lexar adalah merk microsd tercepat yang ada dipasaran.

MicroSD Lexar memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 16GB sampai 200GB. Harganya memang cukup mahal, tapi jika kawan butuh kecepatan yang tinggi dan perangkat kawan kompatibel dengan microSD ini, ya silahkan beli.

Kalau saya bilang "Ada harga, ada rupa".. betul nggak!. 😀 Harga mahal tapi kecepatan di atas rata-rata, nggak rugi. Lexar juga sudah melengkapi microsd nya dengan USB 3.0 yang bisa digunakan untuk mentransfer file ke PC dengan cepat dan mudah.

Mana merk microSD Card Terbaik yang akan kawan Beli?
Sebenarnya masih banyak merk microSD Card diluar sana, tapi menurut saya 4 merk microsd itulah yang terbaik.

Ingat satu hal!. Jika kawan ingin membeli microSD, sesuaikan dengan kebutuhan. Periksa juga smartphone kawan kompatible atau tidak dengan microSD tersebut.
Jangan asal beli microSD dengan kapasitas dan speed tinggi tapi akhirnya tidak bisa dipasang di ponsel kawan.
Selain itu, tempat membeli microSD tersebut juga harus diperhatikan. Pilih tempat yang memang sudah terpercaya.

Okeh sekian dari saya, semoga postingan ini bermanfaat.
Previous
Next Post »