Gratiss.. Daftar Domain TLD 2017 di Freenom dan mengCustom ke Blogspot

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendaftar / mendapatkan domain TLD dari situs freenom secara GRATIS. Walau dibilang Free, tapi sebenarnya diberikan gratis hanya untuk 1 tahun pertama, jika mau memperpanjang di tahun ke dua tetap harus bayar dengan harga normal sebagaimana biasa. Dan karena GRATIS, maka ekstensi domain TLD yang ditawarkanpun terbatas, yaitu .ga (dot ga), .cf (dot cf), .ml (dot ml) .tk (dot tk), dan .gq (dot gq).
Dan biasanya fasilitas domain TLD gratis dari freenom ini suka dimanfaatkan oleh para blogger untuk sekadar uji coba diterapkan di blognya dan atau untuk pendaftaran ke Google Adsense. Karena tidak jarang ada blog yang menggunakan domain TLD gratis dari freenom, kemudian mendapatkan status full approved ketika didaftarkan ke program Google Adsense.

Saya sendiri juga menggunakan domain dari freenom di blog saya yang satunya di www.ifrepair.ga. Cukup mudah caranya menurut saya, saya yakin kawan bisa mengikuti tutorial yang saya beri. Okeh daripada kelamaan basa-basi, langsung saja kita masuk ke tutorialnya. Namun sebelumnya pastikan kawan telah memiliki akun email (yahoo atau gmail) untuk proses aktivasi dan link konfirmasi yang akan dikirim ke alamat email yang didaftarkan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke website freenom
2. Pada form/kolom yang tersedia, ketikkan nama domain yang mau kita daftarkan. Misal di sini saya mencoba mendaftarkan domain "ifrepair". Lalu klik tombol Check Availability (Cek ketersediaan).



3. Maka akan muncul beberapa domain yang tersedia, pilih salah satu "Get it now!". Jika sudah memilih, langsung saja klik tombol Checkout.


4. Kemudian pilih jangka waktu pemakaian domain. Pilih saja maksimal waktu gratisannya, klik pilihan 12 months. Pada tampilan ini, jangan klik tombol "Forward this Domain" atau "Use DNS". Karena pengalaman saya ketika tidak sengaja mengklik tombol "Forward this Domain", maka akan bermasalah ketika kita mau continue. Tapi jika terlanjur terklik, silahkan direfresh saja. Kemudian klik tombol Continue.


5. Selanjutnya, masukan email kawan di form yang tersedia, untuk kemudian dalam beberapa saat akan dikirim link ke email tersebut yang harus kita klik untuk proses verifikasi.


6. Log in ke email, kemudian cek inbox dari freenom. Buka dan klik link verifikasi yang ada.


7. Setelah link verfikasi diklik, maka kawan akan diarahkan pada halaman isian data identitas untuk kepemilikan domain. Silahkan isi sesuai data identitas kawan. Namun jika hanya untuk tujuan coba-coba, bisa saja sebenarnya kita inputkan data fiktif, tidak masalah.
Okeh jika sudah terisi lengkap, jangan lupa centang pada I have read and agree to the Terms & Conditions. Lalu klik tombol Complete Order.


8. Tunggu beberapa saat. Dan selamat, kini domain kawan sudah bisa digunakan dan disetting untuk berbagai keperluan. Klik tombol Click here to go to your client area untuk masuk ke halaman admin.


Sampai di tahap ini, kawan telah berhasil memiliki satu buah domain TLD dari freenom. Bagaimana? cukup mudah, bukan..

Untuk selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara mengcustom domain tersebut ke blogspot. Sehingga domain tersebut bisa dipakai untuk mengakses blog yang sebelumnya berekstensi dot blogspot.com.

nah.., berikut adalah tutorial lengkapnya. Di sini saya asumsikan bahwa kawan sudah memiliki blog blogspot/blogger yang mungkin sudah diisi dengan beberapa artikel. Silahkan diikuti..

1. Pastikan kawan dalam keadaan login / masuk di akun freenom yang tadi sudah dibuat.
2. Login ke akun blogger / blogspot, masuk menu Setelan --> Dasar --> Penerbitan. Klik pada bagian +Siapkah URL pihak ke-3 untuk blog Anda.


3. Ketikkan nama domain yang telah didaftarkan tadi di form yang tersedia. Jangan lupa gunakan www. Klik Simpan. Maka akan muncul tulisan yang menjelaskan Error 12. Dan akan muncul 2 baris kode yang nanti harus diinput di halaman manage DNS domain di akun freenom kawan.


4. Masuk ke akun freenom, lalu pilih menu Services-->My Domains, lalu klik tombol Manage Domain.



5. Masuk ke akun freenom kawan, atur dulu Nameserver nya. Setting ke pilihan default.



 5. Setelah selesai, klik pada menu Manage Freenom DNS.


6. Isikan dua baris kode yang didapat di blog tadi ke form manage DNS, pada Add Record. Pilih property CNAME.
Kemudian kawan perlu  membuat / menambahkan A records sebanyak 4 buah secara terpisah yang mengarah ke 4 IP Address di bawah ini.
  • 216.239.32.21 A
  • 216.239.34.21 A
  • 216.239.36.21 A
  • 216.239.38.21 A
Sehingga susunannya terlihat seperti gambar di bawah ini.


Jika sudah, klik Save Changes. Hingga muncul pernyataan sukses seperti "Record added successfully" bawah ini. Jika kawan ada yang error, tenang.. cek kembali yang belum ada yang tadi ditambahkan. (saya juga disini mengalami error padahal sudah benar yang saya masukan, jadi saya masukan kembali dan sukses hasilnya).


7. Kembali ke pengaturan blogspot. Lalu klik tombol simpan/save. Jika gagal tersimpan, maka tunggu beberapa saat hingga data DNS sudah benar-benar ter-record. Kemudian coba klik Save lagi hingga sukses.

Jika kawan belum belum bisa di Save, adakalanya kita harus menunggu sampai maksimal 1x24 jam hingga pengaturannya benar-benar bisa tersimpan, karena sistem membutuhkan waktu untuk merekam secara sempurna A Record dan CNAME yang telah diinputkan tadi.

Jika sudah sukses tersimpan akan muncul pernyataan "Setelan berhasil disimpan"

8. Terakhir adalah setting redirect domain tanpa www. Tujuannya agar blog tetap bisa diakses walau hanya mengetikkan nama domain tanpa www. Caranya adalah klik tombol edit, lalu centang pada pilihan redirect / alihkan.



Klik tombol Simpan. Maka proses ganti domain telah sukses. Silahkan dicek dengan menekan tombol Lihat Blog. Maka kini kita telah berhasil mengcustom domain TLD ke blogspot. Sehingga tidak ada lagi embel-embel dot blogspot.com dalam alamat blog kita. Untuk selanjutnya silahkan gunakan blog yang sudah ber-TLD (gratis) tersebut sesuai keperluan kawan.


Mungkin cukup sekian tutorial ini, jika kawan masih bingung atau ada pertanyaan.. bisa komentar di bawah. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kawan semua.
Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Pentilicius
AUTHOR
Thursday, July 05, 2018 delete

softmplake.blogspot.com

Reply
avatar